Pengertian Pasar dan Segmentasi Pasar
Sebuah
perusahaan tidak aka nada tanpa pasar yang dilayani.kekuatan lingkungan
tidak hanya mempengaruhi industry,tetapi juga mempengaruhi pasar.lagi
pula,pasar itu berubah Karena adanya perubahan jumlah penduduk dan
pnghasilan,tingkat pendidikan,angkatan kerja,gaya hidup,dan dinamika
lainnya.kemudian,apa yang dimaksud denagn pasar.
Pengertian
pasar sering membingungkan karena istilah pasar mempunyai berbagai
macam arti.orang dapat mengatakan tentang pasar modal,pasar burung,pasar
speda,pasar mobil bekas,pasar pemerintah,dan seterusnya.sebenarnya,apa
yang dimaksud dengan pasar?pengunaan istilah pasardapat diterapkan dalam
teori ekonomi,dalam dunia usaha pada umumnya,dan dalam bidang pemasaran
khususnya.oleh karena itu kita akan mengenal beberapa definisi tentang
pasar.
Definisi yang pertama menyatakan bahwa :
Pasar
adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi,barang
atau jasa tersedia untuk dijual,dan terjadi perpindahan hak milik.
Sedangkan definisi yang keduamenyatakan bahwa:
Pasar adalah jumlah seluruh permintaan barang atau jasa oleh pembeli-pembeli potensial.
Dalam
definisi yang pertama terdapat suatu keadaan dan kekuatan tertentu yang
dapat menentukan harga,yaitu bertemunya pembeli dan penjual dengan
fungsi yang mereka lakukan masing-masing.istilah pasar pada definisi
yang kedua sering ditukarkan dengan istilah permintaan,bahkan sering
puladipakai secara bersama-sama sebagai permintaan pasar (market demand)
Kedua
definisi tersebut masih dianggap sebagai definisis yang agak sempit dan
kurang memadai.oleh Karena itu kita akan menggunakan definisi pasar
yang lebih luas di kemukakan oleh William J.Stanton berikut ini.
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk bebelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
Jadi,dalam permintaan pasar untuk beberapa barang atau jasa terdapat tiga factor yang perlu diperhatikan adalah:
- Orang dengan segala keingininannya
- Daya beli mereka
- Tingkahlaku dalam pembelian mereka.
Pada
waktu orang memproduksi sebuah barang (barang ekonomi),mengembangkan
jasa baru,atau mempunyai pendapat baru untuk mengatasi masalah-masalah
social,mereka mulai mencari orang yang bersedia menggunakan kreasi
mereka.jadi,mereka mepunyai potensi untuk memuaskan orang lain dengan
sesuatu yang mereka miliki.sebaliknya,pada waktu seseorang mempunyai
keinginan untuk puas.ia mulai berusaha mencari orang lain yang bersedia
memuaskannya jadi,ia mempunyai potensi untuk mengunakan hasil dari usaha
orang lain.
Sesuai
dengan definisi yang ketigas tentang pasar,maka orang yang dapat
dimasukkan sebagai pasar adalah pihak kedua (orang yang mengunakan hasil
dari usaha dari orang lain).namaun perlu diingat pula bahwa pihak
pertama (orang yang mempunyai kreasi/sesuatu untuk digunakan oleh orang
lain) juga dapat dimasukkan sebagai pasar.ini disebabkan Karena mereka
dapat bertindak sebagai pihak kedua pada kesempatan lain.jadi,selain
menawarkan sesuatu,mereka juga menginginkan sesuatu.
Segmentasi Pasar
Sebuah
perusahaan yang berorientasi pada produksi biasanya menganggap pasarnya
secara keseluruhan sebagai satu unit yang homogen dan single undifferentiated.menurut
konsep ini (disebut keseluruhan pasar),manajemen akan mengembangkan
satu produk dan satu program pemasaran yang direncanakan untuk konsumen
sebanyak mungkin.keseluruhan pasar (market aggregation) member
kesempatan pada perusahaan untuk memaksimumkan skala
produksi,distribusi fisik,dan promosi yang ekonomis.perusahaan yang
memproduksi dan memasarkan satu produk dapat melakukannya selama jangka
waktu yang panjang denagn ongkos per-unit yang lebih rendah.ongkos
persediaan dapat diminimumkan karena tidak menyediakan berbagai macam
warna,corak dan ukuran.usaha penyimpanan dan pengangkutannya lebih
efisien.selain itu,biaya periklanan perunitnya juga lebih rendah untuk
satu macam produk dari pada beberapa macam yang dipromosikan.
Pada
saat persaingan menjadi semakin ketat dan manajemen terpaksamenurunkan
harga yang berakibat keuntungannya menurun,maka perusahaan harus
membedakan produknya dari produk-produk saingan.konsep ini disebut
pembedaan produk (product differentiation).dengan
konsep ini,perusahaan berusaha memperkenalkan cirri-ciri baru berupa:
kemasanbaru ukuran baru,rasa baru,atau warna baru.pengenalan cirri-ciri
bari suatu produk ini sering disertai denagn pengeluaran yang tinggi
untuk promosi.
Pada
kenyataannya,banyak produk yang bersifat heteregon bagi seluruh
pasar,artinya produk tersebut hanya diperlukan oleh kelompok pasar
tertentu saja.misalnya,pakaian wanita,tidak diperlukan oleh pasar
golongan pria.jadi,pasar golongan wanita tersebut bersifat homogeny
untuk pakaian wanita.
Kemudian,apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar?berikut ini adalah definisinya
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari
suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat
homogen.
segmentasi
pasar ini merupaka suatu falsafah yang berorientasi pada
konsumen.jadi,perusahaan yang berorientasi pada konsumen akan membagi
pasarnya ke dalam segmen-segmen tertentu yang masing-masing segmen
bersifat homogen.homogentis tersebut disebabkan oleh adanya
perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli,cara penggunaan
barang,kebutuhan pemakai,motif pembelian,dan tujuan pembelian dari
masing-masing segmen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar